Tips Menabung Untuk Mempersiapkan Pernikahan Di usia 20 Tahun


Qnyis.com- Melangsungkan pernikahan menjadi keinginan hampir semua manusia diseluruh dumia. Menikah di usia muda juga sering menjadi hal yang diimpikan. Namun untuk berani menapaki jenjang selanjutnya, kamu tidak hanya wajib mengantongi restu orangtua. Kamu juga harus siap dari segi materi. Menjadi mandiri setelah menikah dengan membiayai hidup sendiri juga merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Dengan ini, kedewasaan serta kesiapanmu untuk memasuki hidup baru sendiri benar-benar tidak diragukan lagi.Namun kebanyakan orang menemui kesulitan bagaimana cara menabung untuk pernikahan saat penghasilanmu masih kecil.
Apakah kamu dan pasangan sudah mapan bekerja dan ingin membiayai hidup setelah menikah secara mandiri? Yuk, simak tips yang akan Qnyis jabarkan buat kamu!

Bagi kamu yang menerima penghasilan sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP), siap-siap untuk mengencangkan ikat pinggang kalau kamu punya rencana untuk menikah dalam waktu dekat!

1.Sederhana tapi Berkesan

Sebuah pernikahan yang sempurna memiliki arti yang berbeda dengan sebuah pernikahan mewah dan megah. Buatlah pernikahan kamu dengan sederhana dan lupakan acara resepsi di gedung yang besar dengan harga sewa Mahal. Kamu bisa adakan resepsi di taman atau di rumah dengan hanya mengundang orang terdekat misalnya teman  , kerabat, rekan kerja, pastinya pernikahan kamu akan sangat berkesan dan istimewa

2.Menabung dalam Jumlah yang Tepat!
Setelah membuat target menabung yang jelas, kamu dan pasangan bisa mulai membuat rekening bersama untuk program menabung kalian demi masa depan. Kalian bisa menyisihkan beberapa persen dari pendapatan bulanan kalian untuk kemudian ditabung di rekening bersama ini.Sisihkan gaji kamu dan pasanganmu dalam jumlah yang tepat! Sebagai contoh, kamu dan pasangan bisa sisihkan 30% dari gaji untuk persiapan pernikahanmu! Kalau kamu bergaji Rp 3 juta, simak ilustrasi berikut:
Setengah gaji kamu: 30% x 3 juta = Rp 900.000,-
Setengah gaji pasanganmu: 30% x 3 juta = Rp 900.000,-
Tabungan perbulan: Rp 1.800.000,-
Tabungan selama 1 tahun: 12 x 1,8 juta = Rp 21.600.000,-
Tabungan selama 2 tahun: 24 x 1.8 juta = Rp 43.200.000,-
3.Atur Pernikahanmu Sendiri

Sepertinya, biaya jasa wedding organizer saat ini cenderung mahal. Coba pertimbangkan untuk mengajak sahabat dan keluarga dekat untuk membantu kamu mengatur jalannya pernikahanmu. Selain bisa menekan biaya, tentunya kedekatan dan persahabatan dengan sahabat dan keluarga akan semakin erat!


4.Kuranngi Kencan yang menghabiskan uang banyak
Kurangi frekuensi kencan mahal bersama pasangan. Kamu bisa membuat acara kencan sendiri di rumah dengan menonton film bersama di ruang TV, atau bahkan memasak bersama. Tidak hanya hemat, anggaran kencan mahalmu bisa dimasukkan ke dalam toples bersama untuk ditabung sebagai bekal biaya foto prewedding, undangan, serta cenderamata bagi acara pernikahanmu 2 tahun mendatang.
Rencana penghematan selama 4 tahun
Anggaran kencan per bulan: Rp. 200.000 x 48 bulan = Rp 9.600.000
Foto pre-wedding (paket menengah): Rp. 4.500.000
Cenderamata (Rp. 3000/pcs x 1000 tamu): Rp. 3.000.000
Undangan (Rp. 2000/pcs x 1000 tamu): Rp. 2.000.000
Total biaya: Rp. 9.500.000

5. Sederhanakan Foto Pre-weddingmu

Lupakan kegiatan foto pre-wedding ala selebritis. Foto pre-wedding kamu akan lebih berkesan kalau kamu bisa menceritakan perjalanan cinta kalian di dalamnya. Misalnya kamu bisa menggunakan kamera polaroid untuk membuat alur ceritanya. Selain itu hasil polaroid juga bisa kamu gunakan sebagai dekorasi di pernikahanmu nanti!
Pinjam kamera polaroid teman = gratis
50 lembar polaroid: 50 x 10 ribu = Rp 500.000,-
Selamat mencoba tips diatas ya , semoga bermanfaat bagi pasangan yang mau menikah


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menabung Untuk Mempersiapkan Pernikahan Di usia 20 Tahun"

Post a Comment